Minggu, 14 April 2013

TEKNIK LOCI(Learning Revolution 13 SEMINAR GURU SUPER KREATIF)

teknik memory berikutnya adalah teknik LOCI, atau saya lebih suka menyebutnya sebagai teknik lokasi. untuk lebih mudahnya, sekarang kita bermain-main dulu. Duduk yang rileks dan siapkan daya imajinasi anda. Bayangkan di KEPALA anda ada DOMPETnya (akan terasa aneh dan lucu, jika anda bayangkan dompetnya sedang push up), di JIDAT anda ada RUDALnya (lebih menarik, bayangkan jidat anda kena rudal, Boommm), di MATA anda ada BUNGAnya (bayangkan bunganya lagi berputra-putar), di HIDUNG anda ada APELnya (bayangkan hidung anda kemasukan apel), di MULUT anda ada HARIMAUnya ( boleh juga anda bayangkan mulut anda digigit harimau, rasakan rasanya), di JANGGUT anda tergantung sebuah LAP TOP, di LEHER anda ada ICE CREAMnya (rasakan dinginnya), di DADA anda ada KURAKURA, di PERUT anda ada NAGAnya (bayangkan naganya keluar dari perut anda), di LUTUT anda ada TOPInya. Oke tanpa melihat halaman sebelumnya, silahkan isi titik-titik di bawah ini :
1. Di kepala ada =…………………………………….
2. Di jidat ada =…………………………………….
3. Di mata ada = …………………………………….
4. Di hidung ada = …………………………………….
5. Di mulut ada = ……………………………………..
 6. Di janggut ada = ……………………………………..
7. Di leher ada = ………………………………………
8. Di dada ada = ………………………………………
9. Di perut ada = ……………………………………… 10.Di lutut ada = ……………………………………… Selamat, anda sukses menuliskan ke 10 benda di atas dengan lancar. Sekarang tanpa melihat pekerjaan anda di atas, dengan cepat jawab pertanyaan berikut :
Di dada ada ? ………………………………..,
Di perut ada ? …………………………
di mata ada ? …………………………………,
di jidat ada ? ……………………….
Di janggut ada ? ……………………………….,
di hidung ada ?.......................
di mulut ada ?..........................................
Oke, jika anda benar-benar meng-imajinasikannya, saya yakin anda bisa menuliskan dengan cepat jawaban di atas. Apa yang barusan anda lakukan adalah gambaran dari teknik LOCI atau teknik LOKASI, secara sederhana, teknik lokasi adalah satu teknik menghafal dengan mencantolkan informasi yang mau kita hafal ke lokasi atau tempat yang sudah sangat dikenali oleh otak. Dalam kasus di atas, kita menghafal 10 nama benda dengan mencantolkan nama-nama benda tersebut di lokasi tubuh kita. Dan kita telah sama-sama membuktikan betapa mudahnya kita mengingat informasi berupa benda dengan teknik ini. Lokasi yang bisa kita gunakan tidak hanya lokasi tubuh, kita juga bisa menggunakan lokasi denah rumah kita, atau lokasi denah sekolah, bisa juga lokasi tempat-tempat yang menarik di kota kita, missal mall, atau masjid yang sering kita kunjungi,syaratnya lokasi tersebut sudah sangat kita hafal. Beberapa hal yang perlu kita perhatikan dalam menggunakan teknik ini :

1.Tempat-tempat di lokasi yang akan kita gunakan sebagai penanda,dipilih secara urut, missal kalau tubuh, seperti contoh di atas,urutannya dari atas ke bawah : Kepala, jidat, mata, hidung, mulut dst. Jika kita gunakan rumah maka silahkan buat secara urut,

2.Urutan lokasi harus sudah sangat kita hapal, kemudian kita nomorisecara urut.

3.Akan sangat membantu saat kita letakkan informasi di lokasi yang sudah kita pilih, kita buat informasinya aneh, lucu dan menarik otak.

4.Kita juga bisa membuat lokasi imajiner, yang berhubungan dengan informasi yang mau kita hapalkan.
Contoh : kita akan menghafal nama-nama sungai terpanjang di dunia berikut ini dengan lokasi imajiner denah sungai:

a10 Contoh Lokasi Imajiner sungainya adalah Sbb :
Setelah kita buat lokasi imajinernya, lalu kita nomori secara urut lokasi-lokasi yang akan kita jadikan sebagai cantolan, setelah itu kita tempatkan nama-nama sungai di lokasi-lokasi tersebut dengan terlebih dahulu kita plesetkan agar nama sungai tersebut mudah digambarkan oleh otak.

a11
Sekarang silahkan isi kolom Plesetan,lalu hafalkan dengan teknik lokasi. Selamatmencoba !!. a12
TEKNIK MENGHAFAL ANGKA.
Sahabat,kira-kira mungkin atau tidak, hanya dalam waktu kurang dari 3 menit,otak kita mampu menghafal deretan angka dalam kotak sebagaimana tergambar di bawah ini. Syarat: anda hafalkan secara urut dari baris pertama sampai baris ke empat lima, begitu juga sebaliknya, dari belakang ke depan, dan andapun harus bisa menyebutkan angkanya secara detail jika ditanya, berapa angka yang terdapat pada baris ke sekian,kolom kesekian ? (lht. revolusi learning)

Jika penasaran, tidak ada salahnya anda coba. Siapkan stop wacth dan mulailah menghafal, sekali lagi waktunya hanya 3 menit.STOP!!! silahkan tutup bukunya dan test ingatan anda. Bagaimana ? ada berapa kotak angka yang berhasil anda hafalkan secara urut. Silahkan tulis skor anda di sini = ……….. Sahabat, salah satu keajaiban otak (dan tenyata kalau kita tahu strateginya, hal ini sama sekali tidak ajaib) adalah ketika otak kita mampu menghafal deretan angka dalam kotak sebagaimana tergambar di atas. Dalam pelatihan, saya selalu memulai demo menghafal angka seperti tersebut di atas. Peserta saya minta mengisi kotak-kotak angka di atas dengan angka favorit mereka, lalu dalam waktu kurang dari 3 menit,dengan strategi yang tepat, saya mampu menghafal seluruh angkanya secara urut dan detail. Kemudian setelah itu, saya minta peserta untuk menguji ingatan saya dengan menanyakan angka yang terletak di baris sekian, kolom ke sekian. Dan Alhamdulillah saya berhasil menebaknya. Sekilas seperti ajaib, tapi ternyata sederhana, hanya masalah strategi. Berikut ini saya uraikan strategi menghafal angka, silahkan simak baik-baik. Karena otak kita menyimpan dalam bentuk gambar dan symbol,bukan huruf dan angka, maka saat kita akan menghafal angka, kita buat cantolan sehingga angkanya menjadi bentuk gambar yang menarik bagi otak. Berikut ini adalah cantolan angka yang dibuat oleh tim Quantum Learning KPI.(lht. revolusi learning)
Jika kita perhatikan cantolan huruf dan benda sebagaimana tertera di atas, maka kita bisa melihat hubungannya.0 seperti huruf D dan bentuknya seperti darah, 1 seperti huru T dan bentuknya agak mirip dengan ikan teri, 2 seperti huruf N dst. Anda bisa memakai cantolan huruf benda seperti yang dibuat oleh Tim Quantum Learning KPI di atas, atau anda bisa membuat sendiri seperti versi anda, missal 1 itu S, karena huruf awal satu S, dan bendanya Sanca misalnya, atau terserah anda, yang jelas,kita harus jadikan cantolan tersebut mudah kita ingat. Jika angka primer 0 s/d 9 sudah ada cantolan hurufnya, maka untuk angka sekunder kita tinggal memadukan hurufnya. (lht. revolusi learning)

 Untuk membuat cantolan bendanya,usahakan hanya satu kata,seperti contoh di atas. Sekarang giliran anda, tugas anda silahkan isi kolom benda yang terbentuk sebagai cantolah bilangan puluhan 20 s/d 99 berikut ini : 0 NOMOR 1 Jika anda benar-benar ingin menggunakan strategi ini dengan baik,silahkan luangkan waktu kurang dari 30 menit untuk menghafal cantolan benda dari angka 1 s/d angka 99 sebagaimana tertera di hal 144. Cantolan tersebut sangat membantu anda dalam menghafal pelajaran yang ada data angkanya, missal menghafal rumus, atau konfersi satuan berat, atau bisa juga menghafal tahun peristiwa-peristiwa bersejarah. Berikut ini contoh menggunakan teknik menghafal angka untuk menghafal 3 gunung tertinggi di Indonesia secara urut.(lht. revolusi learning)

JURUS AKRONIM DAN AKROSTIK 0
Apa yang terlintas di benak anda ketika membaca tulisan ini :Me Ji Ku Hi Bi Ni U saya yakin sebagian besar dari anda masih mengingat dengan baik maksud dari tulisan di atas. Yah.., tulisan di atas adalah salah satu cara kita mengingat daftar spectrum warna….. Cara di atas, dalam teknik mengingat yang dinamakan dengan istilah Akronim. Akronim adalah rankaian kata yang dicipta berdasar abjad pertama atau pertama dan kedua dari sekelompok kata. Berikut beberapa contoh lain Akronim :

1.Ayat-Ayat Cinta = AAC.

2.Teman Tapi Mesra = TTM.

3.Short Massage System = SMS.

4.Bunga Citra Lestari = BCL Sedang Akrostik adalah kebalikan dari Akronim, atau kita sering menyebutnya dengan Singkatan kata.

Contohnya :
1.Gelora = Gedung Olah Raga.
2.Pilkada = Pilihan Kepala Daerah.
3.Kuda Tuli = Kerusuhan 27 Juli.
4. Pemilu = Pemilihan Umum. Jadi system Akronim-Akrostik adalah teknik mengingat dengan menggabungkan dua teknik di atas.

Contoh paling menarik dari system ini dan sering diterapkan adalah mengingat susunan unsur-unsur golongan dalam system priodik kimia. TABEL-KIMIA gol kimia

Tidak ada komentar:

LINK FROM AREMANIA