Minggu, 14 April 2013

STRATEGI MENCATAT DENGAN OTAK KANAN.(Learning Revolution 14L,SEMINAR GURU SUPER KREATIF)

STRATEGI MENCATAT DENGAN OTAK KANAN.
 Dari:  Learning Revolution
oleh :  Nuril anwar
           Berapa  banyak waktu dan tinta yang kita gunakan untuk mencatat pelajaran, yang akhirnya catatan  tersebut  tidak  banyak  membantu  menyegarkan  pikiran kita  untuk  mengingat  informasiyang  tercatat  di  dalamnya ?.Bayangkan  betapa  banyak  waktu yang  bisa  kita  hemat,  ketika  kita hanya  perlu  mencatat  sekali  dalam  hanya  1 lembar  kertas  ukuran  folio sebuah tema yang kalau dijabarkan memakan puluhan halaman buku, dan otak  kita  akan mengingatnya  jauh  lebih  lama,  kita  hanya  perlu membuka  catatan  1  lembar  kertas  tadi  saat mau  menjelang  ujian,  dan  dijamin  otak  anda akan mengingat informasi-informasi penting di tema tersebut.
            Pengalaman  inilah yang  sering saya  rasakan  saat  kuliah  dulu,  juga saat  ini  ketika  ada  tema  menarik  yang  saya  butuhkan,  setelah  membaca  satu  tema  yang menarik,  biasanya  saya  sediakan  waktu  beberapa  menit, untuk menuliskan informasi-informasi penting di tema tersebut  pada satu lembar  kertas,  dengan  teknik mencatat  tertentu  (Sebentar  lagi  akan  saya uraikan  tekniknya), informasi-informasi  penting  tersebut  otomatis   terpetakan dalam otak,  selanjutnya,  saat saya butuhkan informasi tersebut, saya tinggal melihat catatan yang 1 lembar tadi.
               Bisa  anda  bayangkan,  jika  anda  menguasai  teknik  ini,  berapa  banyak  waktu  yang  bisa  anda  hemat,  berikut  kertas  dan  tintanya,  dan betapa  tinggi capaian prestasi  akademik  yang akan anda peroleh.
         Dan hal  ini  sangat  mungkin  terjadi  jika  anda  benar-benar  menyimak  teknik  mencatat  yang akan saya uraikan di bawah ini.  SEJARAH SINGKAT. 
Agar  anda  tidak  semakin  penasaran,   oke,  saya  mulai,  teknik  mencatat ini popular  dengan nama teknik MIND MAPPING atau orang kita  sering  menyebutnya  dengan  PETA  PIKIRAN.
Teknik  ini  ditemukan  dan  dipopulerkan  oleh  seorang  jenius-kreatif Tony Buzan pada  tahun 1970 an  dengan istilah Radiant Thinking.  Teknik mind map ini ternyata sejalan dengan cara kerja dan bentuk  anatomi sel-sel otak dalam menyerap dan menyimpan memori, berikut ini  gambaran anatomi  fisik sel otak,  neuron, ketika menyimpan informasi.
Dari  gambar  di  atas,  terlihat  sel  otak,  neuron,  dengan  cabang-cabangnya  yang  berhubungan  dengan neuron  lainnya.  Jadi  secara  fisik  saat  otak  kita  menyimpan  satu  informasi,  maka  neuron  ini  menjulurkan  “tangan”nya  yang dalam istilah ilmiah  disebut  dengan dendrite.  Saat informasi itu ingin  kita munculkan  maka  otak  akan mengirimkan  gelombang  elektrik  melalui  dendrite  ke  neuron  lainnya  dengan  melewati  celah  kecil  yang  disebut  sinaps.  Jaringan  antar  neuron  inilah  yang  menyimpan  informasi  dan  memunculkan informasi yang kita inginkan.
Catatan  model  mind  mapping,  secara  anatomi  sama  dengan  anatomi  sel-sel  otak.  Selain  itu  catatan  model  ini  juga  mengadopsi  cara  kerja  otak  kanan  yang  lebih  “suka”  terhadap  bentuk,  simbol,  warna  dan  gambar, sehingga lebih menarik bagi otak.  Secara  sederhana  Mind  Mapping  adalah  metode  mencatat  yang  menggunakan  bentuk-bentuk  visual  berupa  gambar,  warna  dan  symbol  dalam bentuk grafis dengan urutan radial atau melingkar.  Berikut salah satu contoh catatan mind maping :  cells_neuron_constellation_web.jpg Silahkan  bandingkan  dengan  catatan  konvensional  yang  selama  ini  sering  kita gunakan, metode catatan outlining.  Berikut perbandingan catatan konvensional dan Mind maping  Catatan konvensional

 Catatan Mind Maping

1.Hanya  berupa  tulisantulisan saja.
2.Hanya  dalam  satu warna.    
3.Butuh  lembaran  yang  banyak.
4.Untuk  mereview  ulang memerlukan  waktu yang lama.  
5.Statis   dan  membosankan.  
6.Mengaktifkan  fungsi otak  kiri  saja.

Urut  dan  detail
 1. Berupa  tulisan,  symbol  dan gambar.
 2.Berwarna-warni.
 3.Hanya  butuh  satu lembar.
 4.Waktu  untuk  mereview lebih  singkat karena  hanya  satu lembar.
 5.Dinamis  dan  menarik bagi otak.
 6.Mengadopsi fungsi otak kanan dan kiri. Urut dan Holistik (menyeluruh).

CARA MEMBUAT MIND MAPING.
 Berikut tujuh langkah dalam membuat MIND MAPPING.
1.Ambil  satu  kertas  kosong  ukuran  folio  ataupun  A4,  lalu  letakkan  dalam posisi horizontal.
2.Mulailah  menulis  atau  membuat  symbol  tema  sentral  di  tengah  kertas.  Kenapa ?  karena memulai dari tengah memberi ruang yang  cukup  memadai  bagi  otak  untuk  menuliskan  cabang-cabang  dari  tema sentral ke segala arah.
3.  Dari tema  sentral,  silahkan buat cabang-cabang berupa  garis-garis  lengkung  yang  menghubungkan  tema  sentral  dengan  sub-sub  tema,  banyaknya cabang berdasar sub  tema  yang  ada dalam tema  besar informasi yang akan kita catat.
4.Usahakan  gunakan  satu  kata  kunci  dalam  setiap  cabang,  jika  memungkinkan  sertai  kata  kunci  tersebut  dengan  symbol  atau  gambar sebagai cantolannya.
5.Usahakan  selalu  gunakan  gambar  atau  symbol  saat  anda  menuliskan  tema  sentral  dan  kata  kunci-kata  kunci  sebagai  sub  tema, kenapa ? Karena symbol dan gambar lebih menarik bagi otak  dan bisa memicu memori kita.                                                                                                                    6.  Gunakan warna-warna cerah saat anda membuat baik  itu cabang, gambar  dan  tulisan.
Warna  juga  akan  menarik  otak  untuk  melihatnya.
7.  Percantik mind maping anda dengan coretan-coretan warna-warni  dan symbol pemicu ingatan.  Jadi jika anda ingin membuat catatan Model Mind Mapping dari sebuah  tema,  missal anda  ingin membuat mind maping  dari tema  sentral berupa  DREAM  sebagaimana terurai   di buku ini, maka tahapannya adalah sebagai  berikut :  Setelah  anda  baca  tema  tentang  DREAM  bab  1 di  buku  ini,  segera  temukan sub temanya lalu temukan juga kata kunci-kata  kunci    yang ada di  sub-sub tema tersebut, Jika memang ada informasi yang perlu dirinci di sub  tema,  maka  temukan   kata  kuncinya  di  rincian  informasi  tersebut.  Lalu  silahkan buat  Mind  Mappingnya dengan tujuh tahapan seperti di atas.  Agar anda terlatih, tantangan saya,  silahkan manfaatkan lembar kosong  berikut  untuk  membuat  catatan  mind  mapping  dengan  tema  sentral

EMOTIONAL MASTERY

Al kisah tersebutlah dua orang bersahabat  yang sama-sama kuliah di Universitas yang  sama,  mereka  menjalani  aktifitas  kuliah  sebagaimana  mahasiswa  lainnya,  hanya  saja ada perbedaan  yang cukup menonjol,satu mahasiswa, sebutlah si A, lebih tekun  dalam  aktifitas  akademik  dan  lebih  berprestasi dari sisi indeks prestasi, si A ini  termasuk  mahasiswa  yang  study  oriented,  sedang  si  B,  meski  prestasi  akademiknya  biasa  saja,  normal,  tapi  dia  lebih  banyak  aktif  di  dunia  organisasi,  sering  mengikuti  kegiatan  seminar,  training  dan  terlibat  di  berbagai  kepanitiaan  kegiatan  kampus.  Keduanya  saling mengisi  kekurangan  masing-masing,  si  B,  karena  kadang  harus  meninggalkan  kuliah,  sering  bertanya  kepada  si  A,  tentang  bahan kuliah  yang  tidak dia ikuti, saat menjelang ujian, si B, lebih intens lagi  belajar kepada si A,  begitu  juga sebaliknya, si A, dengan sifat pendiam dan  “kurang gaul”nya sering  minta nasehat dan curhat  ke si B tentang berbagai  masalah yang dia hadapi, tentunya di luar masalah akademis.  love.jpg Singkat  cerita ke-2  sahabat  ini,  akhirnya sama-sama  di  wisuda, dan  betul, ada perbedaan  indeks prestasi di antara mereka berdua, si A tentunya lebih  menonjol dibanding si B.   Seperti mahasiswa kebanyakan, setelah lulus kuliah, mereka segera  mengajukan  surat  lamaran  ke  berbagai  perusahaan  yang  membutuhkan  kompetensi  mereka,  jalinan  persahabatan  diantara  mereka  berdua  membuat  mereka  selalu  bersama  dalam  mengirimkan  surat  lamaran, hingga akhirnya keduanya diterima bekerja  di sebuah perusahaan dengan  posisi yang sama  hanya beda divisinya.  Beberapa  bulan  setelah mereka bekerja, mulai  terlihat perbedaan  prestasi kerja diantara mereka, si A yang menonjol dari sisi akademis tetapi  kurang  terlatih  dalam  menjalin  sinergi  dengan  orang  lain,  kurang  bisa  mengembangkan divisinya,  dia merasa bekerja  dengan orang-orang bodoh  yang  tidak  bisa  diajak  bekerja  sama,  ide-ide  dia  seperti “menthok”  hanya  sampai  di mulutnya,  tidak terwujud  di lapangan,  jika sudah  seperti  ini  dia  sering curhat  ke si B, Si B sendiri begitu cemerlang prestasinya, dia mampu  bersinergi dengan teamnya,  menggali ide-ide brilian dari tiap anggota team  yang  dia  pimpin  dan  bergerak  bersama  mewujudkan  ide  tersebut, hubungan  antara  anggota  team  berjalan  begitu  dinamis,  kemampuan  komunikasi  dan  leadership  yang  selama  ini  terbentuk  melalui  berbagai  aktifitas kampus,  menjadi  bekal ketrampilan dia dalam mengorganisir team  kerja di divisinya.  Si A, merasa  sudah kehilangan semangat untuk bekerja di divisinya, dia  merasa  tidak  ada  anggota  team  yang  mampu  memahami  ide-ide  cemerlangnya,  entah  kenapa  dia  merasa  nyaman  tiap  berinteraksi  dan  mengemukakan  idenya  ke  si  B,  hanya  si  B  yang  sepertinya  bisa  diajak  bicara,  hingga  ketika  tidak  banyak  kemajuan  yang  dia  capai,  pimpinan  perusahaan  memanggil  dan memberi  alternative  pilihan  kerja  karena  dia  sudah dianggap gagal memimpin divisinya.

Akhirnya dia meminta pimpinan  perusahaan  untuk  memindahkan  posisinya  menjadi  anggota  team  yang  dipimpin  si  B, dia merasa enjaoy  jika bekerja dengan  si  B.  akhir dari kisah  ini,  si  B  yang  kurang  menonjol  dari  sisi  akademis  (Potensi  IQ)  akhirnya  menjadi pimpinan si A,  yang lemah di potensi emosionalnya.  Sahabat, memang  kisah  di  atas  hanya  ilustrasi,  tidak  benar-bener  nyata,  tetapi  di  kehidupan,  benang  merah  kisah  di  atas  “bertebaran” dimana-mana.  Kalau  kita  cermati  beberapa  fenomena  dunia  kerja,  tidak  sedikit  pimpinan  perusahaan  yang  lemah  prestasi  akademiknya  tetapi  mampu  memimpin  bawahannya  yang  lebih  cerdas  secara  akademis. Penjelasan ilmiah mengenai fenomena ini dengan sangat apik disampaikan  oleh  sang  penemu  potensi  emosional  (EQ),  Daniel  Goleman,  dalam  salah  satu buku fenomenalnya “Emotional Question”

Dalam  buku  ini,  Daniel  Goleman  menyajikan  berbagai  riset  yang  menunjukkan  betapa  pentingya  potensi  EQ  (Cerdas  emosi)  dalam  menunjang  kesuksesan  seseorang,  jauh  melebihi  peranan  IQ  (Cerdas  intelektual).  Salah satu risetnya adalah penelitian terhadap sarjana lulusan salah  satu  universitas  terkemuka  amerika  tahun  1977,  data-data  lulusan  ini, diteliti,  dibandingkan  prestasi  akademiknya,  lalu  ditelusuri  perjalanan  hidupnya  20  tahun  setelah  lulus.  Dan  dari  hasil  penelusuran  ini  didapat  data  yang  cukup mencengangkan,  dimana  ternyata  mahasiswa  yang  lulus  dengan prestasi  akademik  biasa-biasa saja, jauh lebih sukses diukur dari sisi  financial, hubungan  social, keluarga  dan berbagai bidang kehidupan lainnya  dibanding mahasiswa  dengan prestasi akademik  yang cemerlang.  Kesimpulannya,  untuk  meraih  sukses  di  kehidupan,  peranan  kecerdasan  emosi  jauh  lebih  tinggi  dibanding  kecerdasan  intelektual.Sayangnya system pendidikan yang  saat  ini  sedang  berjalan,  tidak banyak  memperhatikan  potensi  EQ,  sangat  sedikit  pelajaran  atau  treatment  lembaga pendidikan untuk melejitkan potensi EQ siswanya.

APAKAH KECERDASAN EMOSI ITU.

Secara  definisi  kecerdasan  emosi  adalah kemampuan  seseorang  untuk  mengenali,mamahami  dan  mengelola  kondisi  emosi diri  yang  muncul  untuk  memberdayakan  dirinya  dan  kemampuan  mengenali,memahami  dan  mengelola  kondisi  emosi  orang  lain  untuk  menjalin  hubungan  yang saling  memberdayakan.  Jadi  ada  dua  lingkaran  pengaruh  kemampuan  ini,  yaitu lingkungan  internal,  emosi  diri,  dan  lingkungan eksternal, emosi orang lain.  rock-climbing.jpg Beberapa  ketrampilan  penting  dalam  kehidupan  bermuara  pada  kecerdasan  ini,  yaitu  ketrampilan  komunikasi,  negoisasi,  menjalin  hubungan dan leadership. Ketrampilan-ketrampilan inilah yang dimiliki oleh  orang-orang “biasa”  yang “luar biasa”.  Bill gates, Steve Jobs, Oprah winfrey, Richard  branson,  Li  ka  sing  (bahkan  tidak  lulus  SD,  tapi  tercatat  sebagai  orang terkaya di cina), Soichiro Honda, Abu rizal bakrie, A’a Gym, dan masih  banyak lagi deretan nama-nama orang besar dengan karya besar yang tidak  memiliki  rentetan  gelar  akademis  yang  mentereng  tapi  mampu  membangun  kerajaan  bisnis  dengan  mempekerjakan  para  professional  yang memiliki kualifikasi cemerlang dengan gelar yang berenteng.


KUASA EMOSI

Sahabat,  tindakanlah  yang  akhirnya  mengantarkan  seseorang  meraih  puncak  prestasi,  bukan  sekedar tindakan,  tetapi  tindakan  yang  konsisten,  massif  dan  dengan  strategi yang  tepat.  Orang-orang  bersejarah  adalah  mereka  yang  bertindak  secara konsisten,  tindakan  yang  tidak  mudah  dihentikan hanya oleh 1,2 atau bahkan  bersiap.gif 100  kali kegagalan.
Dan  inilah yang menjadi  titik pembeda antara mereka  dan orang-orang biasa.  Di  sinilah  peranan  emosi,  jika  anda  cermati,  apa  kira-kira  yang  mendorong  kita  untuk  melakukan  sebuah  tindakan  ?  apakah  logika  dan  pengetahuan?.  Jika  benar,  kenapa  para  penghasil  symbol  kecerdasan  IQ  (baca:  gelar)  tidak  lebih  sukses  dibanding  mereka  yang  tak  bergelar  ? kenapa banyak orang pandai, berpendidikan tinggi dengan gelar se”abrek”tidak berhasil membangun sesuatu (saya tidak mengatakan semuanya lho). Jawabannya,  bukanlah  logika  dan  pengetahuan  yang  membuat  kita  bertindak.  Coba pikirkan berbagai pertanyaan ini : hampir semua pelajar tahu, bahwa  belajar adalah kunci sukses mereka, mereka faham bahwa dengan  meluangkan  waktu  2  s/d  3  jam  sehari  untuk  belajar  akan  mampu  mendorong  prestasi  akademik,  tetapi  berapa  diantara  mereka  yang  mau  belajar  ?,  Semua  orang  pun  paham  bahwa  olahraga  rutin  itu  membantu  menjaga  kesehatan,  tetapi  berapa  banyak  yang  benar-benar  mau  melakukannya?.  Mendirikan  usaha  sendiri  itu  jalan  utama  yang  menghantarkan  seseorang  meraih  kesuksesan  financial,  semua  orang  paham akan hal ini, tetapi berapa banyak yang akhirnya benar-benar berani  mengambil keputusan ini? Sebaliknya, tidak sedikit orang yang tahu bahwa  membuang  waktu dengan nonton TV, ngegosip, main kartu, nge-game  itu  tindakan  yang  menjauhkan  kita  dari  prestasi,  tetapi  betapa  banyak  orang  yang masih tetap melakukannya?  Cermati hal-hal berikut ini, “Saya malas”, “Saya bête”, “Saya takut  gagal”, “Saya tidak berani”,  “Bagaimana kalau nanti gagal”, inilah jawaban  yang  sering  kita  kemukakan  ketika  kita  tidak  bertindak,  Meski  kita  tahu, tindakan  itu  baik untuk  kita.  Sekali  lagi  bukanlah pengetahuan dan  logika  yang  yang mendorong  kita  untuk  bertindak  atau  tidak  bertindak,  kondisi  emosilah yang menghasilkan tindakan. Apa yang benar-benar kita rasakan  menentukan apa  dan bagaimana kita melakukannya.   Kondisi  emosi  seperti,  “senang”,  “Percaya  diri”,  “bergairah”, “bahagia”  membuat  kita  bertindak  hingga  menuju  kinerja  puncak.  Pada  waktu  yang  sama,  kondisi  emosi  “takut”,  “gelisah”,  “tertekan”,  “depresi”,  “bête”,  akan  melumpuhkan  kita,  hingga  tidak  ada  tindakan  yang  kita  hasilkan. 
Pernahkah  kita  mengalami  satu hari dimana kita begitu bergairah, begitu  banyak  pekerjaan  yang  mampu  kita  selesaikan,  ide-ide  mengalir  deras di pikiran,  tubuh seakan  tidak ada lelahnya,  kita benar-benar berada  pada  kinerja puncak ? Saya  yakin,  kita semua pernah mengalaminya,  saat  itu  kita  benar-benar  berada  pada  kondisi  yang  penuh  sumber  daya.

Pernahkah  pula  kita  mengalami,  suatu  hari  dimana  segalanya  tampak  kacau, jangankan  tindakan besar, tindakan kecilpun tidak berhasil kita buat, tubuh seakan tidak bertenaga ?  saya yakin kita pun pernah mengalaminya. Bagaimana  hal  ini  bisa  terjadi  ?,  padahal  kita  orang  yang  sama  yang  memiliki  alasan  dan  sumber  daya  yang  sama.  Perbedaannya  adalah  kita  sedang tidak berada pada kondisi yang penuh sumber daya.  Orang-orang  besar  dengan  prestasi  besar,  adalah  orang  yang  memiliki  sumber  daya  yang  sama  dengan  kita,  bedanya  mereka  mampu  menempatkan  dirinya  untuk  selalu  berada  pada  kondisi  penuh  daya, kondisi  bergairah  dan  kondisi  emosi  puncak,  dengan  secara  konsisten  menghadirkan  kondisi  emosi  positif  seperti  inilah  yang membuat  mereka  secara  konsisten  melakukan  tindakan,  tiap  kali  terjatuh,  kondisi  penuh  sumber  dayanya membuatnya  bangkit  sekali  lagi,  memperbaiki  tindakan, bertindak lagi dan seterusnya hingga capaian puncak berhasil mereka raih.


BISAKAH KITA MENGENDALIKAN KONDISI EMOSI?

Dari  manakah  datanganya  emosi,  kita  kah  yang menciptakan atau keadaan? Cermati  hal  ini,  saat  anda merasa depresi, andakah yang menciptakan atau  keadaan  ?  Saat  anda  merasa  bersemangat,andakah  yang  memunculkan  kondisi  tersebut atau  keadaan?,  kebanyakan  orang  tidak  secara  sadar mengendalikan  kondisi emosinya,  ia biarkan keadaan  di  luar  dirinya  yang  mengendalikan,  saat  gagal,  sudah  hampir  pasti  kondisi  emosinya  turun  drastic,  begitu  juga  saat  keberhasilan menyapa,  entah  kenapa  tibatiba ia jadi bersemangat dan lebih percay Orang-orang yang menyerahkan kondisi emosinya pada keadaan di  luar dirinya,  cenderung  berada pada “kerangka menyalahkan”, tiap kali dia  merasa kacau, selalu  sesuatu atau keadaan yang   ia jadikan kambing hitam, “ia  membuat  saya  frustasi”,  “ia  telah  melukai  hati  saya”,  “keadaan  ini  membuat saya kacau”, “dia tidak bisa memotivasi saya”, “kegagalan inilah  yang membuat saya trauma” dll.  _41123030_daviscup 416.jpg

Di  sinilah  letak  titip  perbedaannya,  jika  kebanyakan  orang  menyerahkan kondisi emosinya pada sesuatu atau keadaan di luar dirinya, maka orang-orang sukses, berusaha menciptakan sendiri kondisi emosinya, mereka  tidak mau  dikendalikan  oleh  keadaan,  jika  mereka  gagal,  mereka  dengan  sadar  memilih  untuk  tetap  bersemangat,  jika  mereka  dihina  mereka  memilih  untuk  tertawa,  jika  mereka  dijatuhakn  mereka  memilih  untuk bersabar dan instropeksi.


KUASA MEMILIH KONDISI EMOSI.

Salah  satu  anugerah  istimewa  yang  ALLAH  berikan  pada  manusia  adalah  kuasa  memilih,  apapun yang terjadi pada diri kita,adalah  pilihan,  bahkan  saat  kita  tidak  memilihpun,  adalah  pilihan,  kita  memilih untuk  tidak  memilih.
Artinya  selalu  ada  pilihan  dari tiap keadaan yang dih Sebenarnya  saat  kita  merasa  frustasi,  kitalah  yang  memilih  untuk  frustasi, saat kita merasa dihina, kitalah yang  memilih untuk  merasa dihina,  artinya  pada  kondisi  atau  keadaan  yang  sama,  selalu  ada  pilihan  untuk  respon  yang  berbeda.
Saat  kita   dihina,   kita  bisa  memilih  respon  lain  sehingga kita tidak merasa dihina, saat kita dibuat marah, kita bisa memilih  innovation.  jpg  respon  lain,  sehingga bukan marah  yang  keluar  tetapi  sebaliknya  tertawa  dan bahagia.  Jika  kita  pegang  prinsip  kuasa  memilih,  dimana  “apapun  dan  bagaimanapun  keadaannya  kita  dengan  sadar  memilih  respon  yang  ingin  kita  pilih”  maka  saat  itulah  kecerdasan  emosi  kita  mulai  terbangun.
Dan  prinsip inilah yang menjadi kunci sukses orang-orang besar.  Mulai  sekarang  coba  hal  ini,  saat  anda  merasa  frustasi,  katakana  pada diri  “saya memilih frustasi”,  saat anda marah, katakan “Saya memilih  untuk marah”.  Apapun kondisi emosi yang muncul, selalu awali dengan self  talk “saya memilih kondisi  ini”.  Ini strategi sederhana untuk menyadarkan  pikiran  kita  tentang  prinsip  kuasa memilih,  rasakan  bedanya,  ketika  anda  selalu mengawali dengan memunculkan kuasa memilih ini.

KAITAN EMOSI DAN PRESEPSI.

 “The map is not the therithory”, Peta bukanlah  wilayah  sebenarnya,  istilah  ini  sangat  popular  dan  menjadi  satu  prinsip  dasar  dari  ilmu  NLP, Neuro  Linguitic  Programing,  Ilmu  ini  adalah  salah  satu  ilmu  yang  sangat  efektif  untuk  membangkitkan  kecerdasan  emosional seseorang.  The  map  is  not  the  theritory, menjelaskan bahwa presepsi kita akan sebuah kejadian  bukanlah  kejadian  itu  sendiri,  hanya  sebuah presepsi menurut sudut pandang  kita, dan ada banyak  pilihan presepsi yang bisa kita  pilih  dari  satu  kejadian,  kemauan  kita  untuk  memilih  presepsi  yang  memberdayakan  kita,  akan mempengaruhi  bagaimana  kondisi emosi  kita.
Hal  ini penting  !! mengingat kondisi emosi adalah  hasil dari presepsi yang  terbentuk di otak kita.   Lalu  bagaimana  presepsi  terbentuk  ?,  presepsi  adalah  cara  kerja  otak menyajikan kembali kejadian yang terjadi di sekitar kita, dalam bahasa  saya,  presepsi  dalah  gambaran  mental  dari  satu  kejadian  yang  muncul  di  otak  kita.  Jadi  otak  kita  memiliki  mekanisme  untuk  melakukan  distorsi,  pistorius.jpg generalisasi,  analisa,  pembandingan  dari  setiap  informasi  atau  kejadian  yang kita alami, mekanisme inilah yang membentuk presepsi kita.  Beberapa  penyaring  utama  untuk melakukan mekanisme  distorsi, generalisasi,  pembandingan  adalah  pola-pola  keyakinan,  nilai,  kebiasaan  dan  sifat  yang  sudah  terbentuk  di  otak bawah  sadar  kita.
Hal  inilah  yang  menyebabkan  satu  kejadian  bisa  dipresepsi  berbeda  oleh  orang  yang  berbeda,  satu  contoh,  dua  anak  pelajar  sama-sama mendengar  informasi  bahwa hari ini  pelajaran  matematika  ditiadakan karena gurunya lagi tugas  ke luar,  pelajar satu  katakanlah si A, begitu  senang sekali, bahkan sampai  sujud syukur he.. he…, karena dalam otak  bawah sadarnya  sudah terbentuk  pola bahwa matematika itu sulit dan bikin bête,  pelajar satunya sebut saja  si  B,  sedihnya  bukan  main,  karena  baginya  matematika  adalah  pelajaran  yang asyik dan menantang.  Perbedaan kondisi emosi yang muncul di antara dua anak pelajar di  atas disebabkan oleh presepsi  yang terbentuk di otak mereka, dan presepsi  tersebut muncul diakibatkan adanya perbedaan  pola keyakinan, nilai, sifat  yang terbentuk di otak bawah sadarnya.  Kabar  baiknya,  apapun  pola  yang  sudah  terbentuk  di  otak bawah  sadar kita, kita punya kuasa untuk memilih,  memilih  mempertahankan pola  tersebut atau mengubahnya.

STRUKTUR PRESEPSI MENGHASILKAN EMOSI.
     Dalam  kacamata  ilmu  NLP,  ternyata  presepsi  memiliki  struktur  tertentu,  mengingat  otak berhubungan dengan dunia  luar melalui ke-5  indra,  dimana  ada  3  indra  dominan  yang  meneruskan  informasi  kejadian  luar  ke  otak  kita,  yaitu  melalui  penglihatan,  aspek  visual,melalui pendengaran, aspek audia, dan indra perasa,  aspek  kinestetik,  maka  struktur  presepsi atau istilah lainnya gambaran mental  juga terdiri dari 3 aspek indrawi di atas.  Memahami  akan  hal  ini,  akan  memudahkan  kita  untuk  mengkondisikan emosi,  kemauan dan  kemampuan  kita mengubah struktur  presepsi  atau  gambaran  mental  akan  mempengaruhi  bagaimana  kondisi  emosi  kita,  satu  contoh:  saya  pernah  mengalami  kejadian  yang  sangat  menyakitkan  hati,  saat  itu,  dalam  perjalanan  ke  kantor,  saya  hampir  menabrak  seseorang,  orang  yang  hampir  saya  tabrak  ini  kebetulan  berwajah dan berperangai temperamental, saya benar-benar “habis” kena  marahnya,  seluruh umpatan  bahasa  kebun  bintang  keluar  dari  mulutnya, beberapa  saat  setelah  kejadian  itu,  perasaan  saya  “tidak  karuan”,  sedih,  psikologi.bmp dendam,  gemes,  campur  aduk  jadi  satu,  dan  hal  ini  menempatkan  saya  pada  kondisi  tak  berdaya  selama  beberapa  jam,  saya  jadi  tidak  “mood” untuk  melakukan  sesuatu,  bahkan  sampai muncul  rasa  trauma  yaitu  saat  lewat jalan dimana kejadian itu terjadi, entah kenapa mood saya turun lalu  muncul perasaan “ndak karuan”.

Hingga  akhirnya  saya  berkenalan  dengan  ilmu  NLP,  dalam  kaca  mata  NLP  yang  saya  pelajari,  yang  sebenarnya  terjadi  adalah  sebagai  berikut : sesaat setelah  peristiwa saya  dimarahi, karena saya tidak dengan  sadar memilih gambaran mental  yang ada di otak,  maka otak menjalankan  program  auto  pilotnya,  yaitu  memutar  kembali  kejadian  barusan  melalui  gambaran mental  di  otak,  dimana muncul  wajahnya  yang  bengis  (Visual), kata-katanya  yang  pedas  menusuk  hati  (auditori),  tangannya  yang  menuding-nuding dengan tajamnya  (kinestetik), begitu seterusnya, hingga  munculah  kondisi emosi yang  tidak karuan  tadi. Karena gambaran mental  seperti ini yang muncul, maka  wajar jika mood saya turun.
Nah  bisa  anda  bayangkan,  dan  ini  yang  kemudian  saya  lakukan, ketika gambaran mental  seperti  di  atas  tampil,  saya ubah dan manipulasi  gambarnya  menjadi  seperti  ini:  saat  wajah  bengisnya  muncul,  lengkap  dengan  kumis  dan  matanya  yang  tajam,  saya  ubah  wajahnya,  kumisnya  saya hilangkan, matanya saya buat lembut dan mengoda dengan kerdipan  seperti waria, rambutnya saya panjangnya, bibirnya saya kasih lipstick, lalu  kata-katanya  yang  terdengar  pedas,  saya  perlambat,  saya  kasih  nada seperti suara wanita,  tangannya  yang  menunjuk tajam, saya perlambat dan  saya  ubah  seperti  gerakannya  waria,  pada  saat  saya  membuat  proses  mental seperti ini,  mood saya berubah drastic,  saya jadi tersenyum-senyum  sendiri,  lalu  tertawa.
Dan  trauma  saya  otomatis  hilang  bahkan  sekarang  tiap melewati jalan tersebut,  saya bisa senyum-senyum sendiri,  karena otak  saya  memainkan  gambaran  lucu  yang  sudah  saya  buat  seperti  di  atas.
Dengan mengubah  struktur  gambaran  mental,  kita  bisa  menjaga  kondisi  emosi untuk tetap selalu positif.  Coba lakukan hal di atas, saat anda dihina, saat anda dimarahi, agar  hinaan atau marahnya seseorang kepada anda tidak merusak mood anda,ubah gambaran mental yang terjadi di otak anda dengan gambaran mental  yang  membuat  anda  lebih  berdaya,  manipulasi  wajahnya,  manipulasi  suaranya,  manipulasi  gerakannya  dan  biarkan  kondisi  emosi  anda  tetap  stabil dalam kendali anda.

MENGATASI RASA MALAS BELAJAR.

Sekarang  coba  perhatikan, saat  kita  merasa  malas belajar, pasti ada gambaran  mental tertentu di otak kita  yang  kita  putar  saat  itu,mungkin  di  otak  kita tergambar,  bayangan  betapa  tidak  enaknya  belajar,  bertemu  dengan  soal-soal  sulit  dll,  mungkin  juga  tergambar  aktifitas  lain  yang  lebih  menyenangkan,  missal  acara  televisi  yang  saat  itu  lagi  tayang,  atau  bahkan  muncul  gambaran  si  dia,  seseorang  yang  sedang  mengusik hati kita, dan biasanya  ini mekanisme  auto pi Sekarang  coba  eksperimen  berikut,  saat  anda  marasa  malas  belajar, gambarkan di otak  anda impian akademis yang sedang anda kejar  (tentunya  anda  harus  punya  impian  dulu),  buat  gambaran  dimana  anda  telah mencapai impian tersebut, buat gambarannya demikan nyata di otak  anda,  lalu  katakan  pada  diri  anda,  kata-kata  yang  membuat  anda  begitu  bersemangat,  lalu  saat  anda  merasa  berada  di  kondisi  puncak,  buat  gerakan  tertentu, mungkin  bisa  kepalan  tangan meninju  ke  udara  diiringi  kata-kata  symbol  semangat  missal  yes  !!..  rasakan   getaran  emosi  anda  sesaat,  lakukan  sekali  lagi,  bayangkan  impain  anda,  buat  gambarannya  begitu  nyata dan  saat emosi mencapai puncak, kepalkan  tangan,  tinjukan  ke udara  dan teriakkan yes !!.. lakukan lagi antara 3 s/d 5 kali.
Saya yakin  semangat anda akan membara dan menggelora.  Jadi  saat  anda  terserang  penyakit  M,  “malas”,  atau  penyakit  B,“Bete”, di saat anda  harus melakukan sesuatu,  maka  daripada anda  turutin  penyakit tersebut hingga anda terhalang  untuk bertindak, maka lakukanlah  hal  di  atas,  duduk  tegap,  ambil  napas  teratur,  lalu  silahkan  anda  buat  gambaran  mental  yang  akan  membuat  semangat  anda  bangkit  dan  bergelora. 

Tidak ada komentar:

LINK FROM AREMANIA